Selasa, 31 Mei 2016

Cara Memulai Bisnis Sampingan Sambil Bekerja

Hai working mom kenapa Anda tidak mulai berbisnis sampingan?  Perempuan itu terkenal dengan multitasking loh.  Sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan kelebihan Anda tersebut.

Bingung memulainya?

Jangan bingung, berikut saya berikan cara memulai bisnis sampingan sambil bekerja.  Simak ya!

Pertama, Perbaiki dulu manajemen waktu Anda.  Perempuan yang bekerja sekaligus berbisnis seringkali selalu merasa kurang memanfaatkan waktu.  Padahal merasa sudah berusaha memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin namun tetap tidak menghasikan apapun.  Coba ulik lagi manajemen waktu Anda, buat skala prioritas pada tiap pekerjaan.  Jangan ragu untuk mencoret pekerjaan yang tidak penting.

Kedua, Perkuat keyakinan.  Bisnis merupakan proses panjang yang harus dijalankan sebaik mungkin.  Namun Anda harus punya keyakinan untuk sukses.  Jika Anda yakin maka Anda akan berhasil.  Manfaatkan kekuatan batin yang positif untuk menciptakan keberhasilan.  Hidup memberikan pilihan berhasil atau tidak.  Tapi semua itu kembali kepada pikiran Anda.  Apakah Anda optimis atau pesimis.  Pikiran positif merupakan salah satu prasangka baik kepada Sang Pencipta.

Ketiga, Jangan takut melakukan kesalahan.  Kesalahan merupakan umpan balik tentang bagaimana kita melakukan sesuatu.  Pebisnis sukses telah melakukan banyak kesalahan.  Inilah yang menjadikan mereka sukses.  Mereka memperoleh banyak umpan balik sementara mereka terus mencoba banyak kemungkinan.  Anda sebenarnya akan lebih banyak belajar ketika Anda melakukan kesalahan dibandingkan jika melakukan banyak hal yang benar.  Di kala kita melakukan kesalahan, kita akan merenung, mengalisa, menata kembali, dan merencanakan strategi baru.  Jangan berhenti melangkah.  Begitu banyak pebisnis kehilangan kesempatan emas karena mereka berhenti melangkah setelah mendapatkan kegagalan, ada juga yang melewatkan kesempatan karena takut gagal. Selalu bersabar dalam menghadapi masalah bisnis.  Jangan selalu menginginkan persoalan selesai dalam waktu instan karena ketika tidak tercapai Anda bisa stress.

Keempat, Memaksimalkan jejaring sosial. Di era serba digital membuka pintu besar bagi pebisnis.  Terlebih kebutuhan masyarakat kepada gadget kian meningkat.  Arus informasi di dunia maya yang cepat sukses mencuri perhatian netizen.  Bagi pebisnis yang ingin selalu bertumbuh, menjadikan akun jejaring sosial sebagai alat marketing adalah wajib.  Akun jejaring sosial tidak sekedar bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau pun menjual produk Anda.  Jadikan akun jejaring sosial sebagai media mengembangkan branding Anda.

Kelima, Mencari dan membangun tim yang solid.  Setiap bisnis tidak akan besar lewat tangan satu orang saja.  Untuk itu dibutuhkan merekrut sumber daya manusia dalam satu tim.  Selanjutnya anggaplah karyawan sebagai partner kerja yang sama-sama mengembangkan perusahaan.

Keenam, Selalu berinovasi.  Tanpa inovasi bisnis akan mati.  Selalu berusaha menciptakan hal-hal baru yang akan membuat bisnis Anda lebih unggul dari para pesaing.  Inovasi dapat dengan mudah Anda ciptakan jika Anda banyak belajar.  Jadikanlah belajar sebagai kebutuhan Anda.

Bagaimana para working mom?  Sudah siap menjadi pebisnis sukses?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar